Senin, 15 April 2013

Kiat-Kiat Untuk Mendapatkan Syafa'at

Saya mengutip sepenggal alenia dari buku Indahnya Surga karangan Ya'cub Chamidi, S.S dan Mafruhah, S.Pd.I, yang mengatakan, bahwa Imam Ibnul Qayyim berkata : "Renungkanlah sabda Nabi kepada Abu Hurairah, bagaimana Nabi menjadikan sebab utama untuk mendapatkan syafa'at beliau adalah dengan memurnikan tauhid kepada Allah semata. Yang ini sangat berseberangan dengan persangkaan orang-orang musyrik, bahwa syafa'at diraih dengan menjadikan pelindung-pelindung (selain Allah) sebagai pemberi syafa'at, menyembah dan berloyal kepada mereka. Maka Nabi membantah persangkaan dusta orang-orang musyrik itu, dan beliau menyampaikan bahwa sebab untuk mendapatkan syafa'at adalah dengan memurnikan tauhid. Dan ketika itulah Allah shubhanahu wata'ala mengijinkan kepada pemberi syafa'aat untuk memberikan syafa'atnya. Dan sungguh Allah tidak akan meridhoi ucapan dan perbuatan manusia kecuali yang dilandasi tauhid kepada-Nya dan ittibaa' atau mengikuti petunjuk dan sunnah Rasulullah."
Disamping itu, Nabi shallallahu'alaihi wasallam menyebutkan bahwa ada beberapa amalan shaleh yang kita kerjakan untuk mendapatkan syafa'at di akhirat kelak, yaitu :
1. Membaca Al-Qur'an dengan merenungi kandungan maknanya. Nabi bersabda, "Bacalah Al ur'an, karena sesungguhnya bacaan Al Qur'an itu akan datang pada hari kiamat untuk memberikan syafa'at kepada orang-orang yang membacanya." (HR.Muslim)
2. Memperbanyak sujud kepada Allah. (shalat-shalat sunnah setelah shalat fardu)
3. Membaca shalawat kepada Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam.
4. Tinggal di kota Madinah (kota Nabi)
5. Jenazah yang disholatkan oleh 40 orang ahli tauhid.

Demikian beberapa kiat yang bisa kita laksanakan untuk mendapatkan syafa'at di akhirat kelak. Semoga kita bisa mendapatkannya, aamiin.